Facebook Twitter
Gratis berlangganan artikel blogerdin via mail, ayo gabung!

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes

Sabtu, 17 September 2011

0
Blog Walking To Get Pagerank

Blog walking to get Pagerank, selama ini secara umum kita memahami bahwa nilai pagerank (selanjutnya PR) untuk sebuah blog didapat dari banyaknya blog yang memasang backlink(populer “link” saja) ke arah blog tersebut. Semakin banyak blog yang menge-link akan semakin tinggi nilai PR blog tersebut. Namun jika hanya begitu syaratnya, kenapa saya tidak membuat ratusan blog saja yang saling menge-link, agar blog ini tidak nol terus PR-nya! Ternyata memang ada hal lain yang menjadi ukuran Google, di antaranya akan disebutkan di bawah:

Variabel-variabel Penilaian
Ada beberapa variabel yang dipakai Google dalam menilai PR, untuk meminimalisasi upaya rekayasa pagerank. Cara-cara tersebut di antaranya (Brad Callen, 2008):

  1. Berapa banyak situs yang menge-link blog anda
    Untuk mengetahui hal ini anda masukkan saja kata “link:“, ditambah url yang ingin anda ketahui pada kolom Pencarian Google Contoh: link:http://dafidriau.com .
  2. Berapa nilai PR blog yang menge-link blog anda
    Semakin besar PR blog-blog yang menge-link ke blog anda, semakin terkerek pula PR blog anda.
  3. 3. Topik blog yang menge-link blog anda
    Google akan lebih menghargai backlink dari blog yang topik pembicaraannya sama. Di sinilah titik pentingnya membangun komunikasi dan komunitas di antara blog-blog yang satu topik.
  4. Anchor text yang digunakan blog lain bagi anda
    Anchor text adalah nama yang ditulis sebuah blog dalam tanda link­-nya kepada anda. Misalnya anda menulis “dafiDRiau” untuk menamai link blog ini di blog anda. Semakin mirip nama yang diberikan blog-blog lain, serta semakin relevan anchor texttersebut dengan topik blog terkait, akan semakin baik jadinya. Para ahli SEO sepakat bahwa faktor ini bisa dianggap salah satu yang terpenting.
  5. Jumlah link outbond dari situs yang menge-link kepada blog anda
    Tidak setiap link ditaruh di halaman utama. Bahkan ada blog yang membuat halaman khusus daftar link. Contoh, jika ada blog dengan url: http://dafidriau.com yang menge-link kepada anda, namun meletakkan link anda di halaman lain, misalnya http://dafidriau.com/daftar-link.php, maka anda harus menghitung link yang mengarah ke halaman tersebut, bukan halaman utamanya. Inilah yang dimaksud dengan outbond linklink yang mengarah ke halaman yang menge-link anda.
  6. Jumlah inbound dan outbond link pada blog yang menge-link blog anda
    Inbound link adalah link yang mengarah ke blog yang menge-link anda tapi bukan di halaman bertempatnya link anda. Misalnya dengan contoh poin 5, inbound link-nya adalah yang mengarah ke http://dafidriau.com, bukan http://dafidriau.com/daftar-link.php. Jumlah dua tipe link ini berpengaruh untuk blog anda.
  7. IP address dari blog yang menge-link ke blog anda
    IP address adalah nomor identitas setiap komputer yang terhubung di internet, yang bisa menunjukkan di mana lokasi komputer tersebut. Dalam kaitannya dengan link, semakin jauh IP address dari blog yang menge-link blog anda, akan semakin baik nilainya. Variabel inilah yang membuat kita percuma saja membuat ratusan blog untuk saling menge-link jika IP address-nya sama atau sangat berdekatan.
Itulah variabel-variabel yang digunakan Google untuk menentukan PR. Cukup rumit, kan? Makanya cara-cara pertukaran link secara natural menjadi jauh lebih efektif ketimbang jika kita harus mengakali sendiri.


Formulasi Pagerank
Selain memakai variabel-variabel di atas untuk menentukan nilai pagerank sebuah blog, Google juga mengombinasikannya dengan sebuah formula atau rumus yang dibuatnya sendiri untuk setiap blog. Formulasi dasarnya adalah sebagai berikut:
0,15 + [0.85 x (nilai share)]= PR blog anda
0,15 = Nilai PR terendah sebuah blog
0,85 = Nilai arbitrer dari Google
Nilai share = Nilai PR dari sebuah blog yang menge-link blog anda, dibagi jumlah link yang mengarah kepadanya. ( itung sendiri ya... saya jadi puyeng)

0 komentar: — Skip to Comment.

Posting Komentar — or Back to Content

 

Category List

Film (2) Game (4) Persib (3) Software (5) Tips Dan Trick (2) Wisata (8)

Followers

About Me

Foto Saya
Dwiky Nugraha, write about Blogger Trick, Blogger Tutorial, Blogging Tips, Blogger Hack, SEO, CSS Editor, JavaScript, Blogger Modification, Twitter tutiorial , Get Free Download Software

Messenger

Visitors

Free Counters